Friday, 11 December 2015

Dimension types - Di autocad ada beberapa jenis dimensi yang bisa anda gunakan untuk menunjukan nilai dari ukuran sebuah objek seperti mengukur panjang garis, besar sudut dan sebagainya, di postingan ini saya akan memaparkan mengenai 8 jenis dimensi yang ada di autocad yang sering digunakan.

Linear

Command : Dimlinear / DLI

yang pertama yaitu linear dimension, perintah ini digunakan untuk membuat dimensi yang menunjukan panjang sebuah objek yang diambil dari dua titik denagn arah vertikal, horizontal atau mengikuti arah (x) maupun sumbu (y) dan dengan kata lain jika anda mengingginkan mengukur panjang garis miring maka anda tidak dapat menggunakan dimensi linear ini kecuali jika anda merubah ucs mengikuti garis miring tersebut.


Aligned

Command : Dimaligned / DAL

yang kedua yaitu aligned dimension, perintah ini digunakan untuk membuat dimensi yang menunjukan panjang sebuah objek yang diambil dari dua titik yang anda pilih sama halnya dengan linear dimensi tapi aligned ini bisa digunakan untuk mengukur panjang garis yang miring karena tidak terpengaruh atau mengikuti arah (x) maupun (y).



Angular

Command : Dimangular / DAN

yang ketiga yaitu Angular dimension, dimensi ini digunakan untuk membuat dimensi yang menunjukan besar sudut dari dua yang saling berpotongan.


Arc Lenght

Command : Dimarc

yang keempat yaitu Arc Length dimension, dimensi ini digunakan untuk membuat dimensi yang menunjukan panjang objek garis lengkung atau arc, jadi jika anda inggin mengetahui panjang garis yang berbentuk lengkung maka anda tidak dapat menggunakan dimensi linear maupun aligned tetai sebaiknya anda menggunakan perintah Arc lenght dimension ini.



Radius

Command : Dimradius / DRA

yang kelima yaitu Radius dimension, dimensi ini digunakan untuk membuat dimensi yang menunjukan nilai radius dari objek lingkaran maupun arc



Diameter

Command : Dimdiameter / DDI

yang keenam yaitu Diameter dimension, dimensi ini digunakan untukmembuat dimensi yang menunjukan besar nilai diameter dari objek lingkaran maupun arc



Jogged

Command : Dimjogged

yang ketujuh yaitu Jogged dimension, dimensi ini digunakan untuk membuat tanda dimensi yang menunjukan bahwa besar objek tidak menggunakan ukuran sebenarnya sedangkan nilai dimensinya merupakan nilai sebenarnya.


Ordinte

Command : Dimordinate

yang kedelapan yaitu Ordinate dimension, dimensi ini digunakan untuk membuat dimensi yang menunjukan titik ordinat objek



Tambahan:

(Baca juga : Cara merubah / mengedit Dimensi di AutoCAD)

Dari semua jenis dimensi yang saya sebutkan diatas sebaiknya gunakan jenis dimensi tersebut sesuai dengan situasi yang ada demikian penjelasan mngenai beberapa jenis type dimensi di autocad yang bisa anda gunakan untuk menunjukan ukuran dari objek gambar anda.

3 komentar

wah ternyata jenis jenis dimension ada 8 ya, thanks gan bermanfaat nih postnya

Kampus Sketchboy delete 12 December, 2015 23:42

Terimakasih Atas Pujiannya, :)

Kalo liat gambar gambar di atas tiap tiap dimensi kok ribet semua ya? Ane bingung..

Berkomentarlah secara bijak karena setiap ketikkanmu mencerminkan kepribadianmu