CARA MERUBAH GAMBAR 3D MENJADI 2D DI AUTOCAD

Belajar Autocad - Ketika anda membuat gambar 3 dimensi berupa objek solid dan anda menginginkan mencetak gambar tersebut bersama objek 2 dimensi yang anda buat maka anda perlu merubah gambar 3 dimensi menjadi gambar 2 dimensi agar mempermudah dalam melakukan pencetakan kecuali jika anda menggunakan workspace layout maka anda tidak perlu melakukan convert gambar 3 dimensi anda ke 2 dimensi.

Ada banyak cara yang bisa anda gunakan untuk membuat objek 2D dari sebuah objek 3D, dan dipostingan kali ini saya akan memaparkan cara untuk membuatnya. Berikut cara yang bisa anda gunakan :

Menggunakan Flatten di Autocad

Flatten adalah sebuah perintah yang digunakan untuk menjadikan objek 3D menjadi objek 2D. Konsep atau cara kerja dari perintah ini adalah dengan men-shot objek 2D tersebut, jadi objek 2 dimensi yang terbentuk sama persis seperti view objek 3D pada layar kerja. 

Berikut adalah cara menggunakan perintah flatten : 
  • Buatlah sebuah benda solid 3d, lalu atur view objek tersebut. 
  • Kemudian, ketikkan Flatten lalu tekan enter. 
  • Setelah itu, klik objek yang sudah anda gambar tadi lalu kik enter 
  • Selanjutnya akan muncul pilihan, remove hiden line? Ketikkan Yes atau No ( Yes = jika anda inggin menghapus hidden line, No = hidden line tidah dihapus ) Lalu tekan enter 
  • Maka sekarang objek tersebut sudah berubah menjadi gambar 2 dimensi.  

Menggunakan Flatshot di Autocad 

Flatshot memilik fungsi sama halnya Flatten, bedanya : Flatten merubah objek asal/asli menjadi 2d sedangkan flatshot digunakan untuk membuat objek 2D dengan memotret tampilan objek 3D dan dengan kata lain anda akan membuat objek baru. 

Keuntungan menggunakan flatshot ketimbang menggunakan flatten adalah objek 3D yang diflatten akan terconvert menjadi objek 2D jadi jika anda masih membutuhkan objek 3D tersebut sebaiknya anda menggunakan perintah flatshot ini

  • Berikut adalah cara menggunakan perintah flatshot : 
  • Buat objek 3d. Lalu ketikkan Flatshot lalu klik enter 
  • Kemudian akan muncul kotak Flatshot, lihat gambar Klik Create 
  • Lalu tempatkan gambar , silahkan klik sembarang 

Menggunakan Perintah Viewbase di Autocad

Viewbase digunakan untuk merubah objek 3D menjadi objek 2D. Dengan menggunakan Viewbase, anda dapat membuat tampak maupun potongan 2 dimensi yang berasal dari objek 3 dimensi sehingga apabila anda inggin membuat proyeksi dari objek 3D maka anda hanya perlu menggunakan satu perintah saja. Perintah Viewbase hanya bisa digunakan pada Autocad 2012 keatas, jadi bagi anda yang masih memakai autocad versi jadul, perlu beralih ke autocad yang lebih baru yaitu autocad 2012 keatas. Berikut penjelasan lengkap mengenai cara menggunakan Perintah Viewbase di Autocad 


perintah viewbase autocad

(Baca: Membuat Proyeksi Menggunakan VIEWBASE di Autocad)

Demikian penjelasan mengenai 2 cara yang bisa anda gunakan untuk membuat objek 2d dari sebuah objek 3d. Jika objek 3d yang akan diconvert masih anda perlukan, silahkan gunakan cara kedua yaitu Flatshot.

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah secara bijak karena setiap ketikkanmu mencerminkan kepribadianmu