.
.

Saturday, 19 March 2016

Instalasi rumah - Pemilihan ukuran pipa yang tepat untuk saluran air akan sangat bermanfaat untuk menghindari masalah seperti sumbatan dan sebagainya. Didalam Instalasi air yang digunakan didalam pembangunan rumah tinggal mempunyai beberapa ukuran dan type pipa PVC, tergantung dari keperluannya. Berikut adalah daftar ukuran pipa pvc untk instalasi air baik air kotor maupun air bersih :

jenis ukuran pipa pvc air

Instalasi air bersih 


PVC diameter 1/2" dan 1" type AW

Pada umumnya untuk Instalasi air bersih digunakan ukuran pipa PVC diameter 1/2" dan 1" type AW. Pipa PVC 1" type Aw ini digunakan sebagai saluran induk air bersih dari tangki air atau PAM yang masuk kedalam rumah, kemudaian dicabang menggunakan pipa PVC 1/2" menuju saluran titi-titik posisi kran dan sanitary. Akan tetapi ada juga yang menggunakan seluruh instalasi pipa saluran air bersih dengan diameter 1/2", perbedaannya adalah dkekuatan tekanan air yang keluar dimasing-masing kran.

Yang harus diperhatikan :

  • Sebaiknya didalam pemasangan Instalasi air bersih dibuat dengan pembagian berdasarkan rencana jumlah kamar mandi yang akan dibangun. 
  • Untuk mendapatkan distribusi air yang lebih merata, buatlah paling tidak 2 saluran induk yang terpisah, yaitu untuk kamar mandi dan service area.
  • Untuk kenyamanan penggunaan air bersih, kamar mandi utama sebaiknya dibuat saluran tersendiri tanpa ada cabang dengan saluran air lainnya, agar supaya pada saat kamar mandi utama digunakan dan kamar mandi lainnya menyalakan kran, distribusi air bersih kekamar mandi utama tekanan airnya tidak berkurang.

Instalasi air kotor


PVC diameter 4" type D

Saluran Induk air kotor buangan dari kamar mandi, cucian dan air hujan digunakan pada umumnya menggunakan pipa PVC diamater 4" type D yang dipasang dipinggir kiri dan kanan bangunan rumah.


PVC diameter 3" type D

Sedangkanuntuk pipa tegak buangan air hujan dari talang di atap rumah menggunakan pipa PVC diameter 3" type D, sebaiknya untuk pipa pembuangan air kotor tidak menggunakan pipa PVC type E (lebih tipis) karena akan mudah pecah akibat tekanan tanah/lantai bangunan.


Kombinasi PVC diameter 4" dan PVC diameter 3' type D

Sedangkan untuk pipa saluran dari Closet menuju Septik Tank untuk bagian yang mendatar digunakan pipa PVC diameter 4" type D.

Apabila rumah tinggal terdiri dari dua laintai maka untuk pipa saluran yang tegak menggunakan pipa PVC diameter 3" type D yang ditanam didalam dinding.


PVC diameter 2" type D

Digunakan untuk saluran pembuangan kotor dari wastafel dan Zink tempat cuci piring.
Untuk pipa saluran tegak baik itu untuk Closet ataupun buangan air hujan menggunakan pipa PVC diameter 3" agar pemasangannya bisa ditanam kedalam dinding rumah.

Demikian bebrapa jenis dan ukuran yang sebaiknya digunakan untuk instalasi rumah untuk air kotar dan bersih. 
AJUKAN PERTANYAAN
 

KAMPUS CAD TUTORIAL