Tuesday, 9 February 2016

Mengenal Viewport di Autocad - Sudah tahukah anda tentang viewport? ketika anda menggunakan software modeling seperti misalnya blender, 3ds Max maupun Autocad pasti tidak asing lagi dengan yang namanya viewport. Bagi anda yang baru mengenal autocad, kampusCAD akan sedikit menjelaskan mengenai viewport di autocad mulai dari pengertian istilah tersebut sampai mengenal cara pengaturan dan penggunaan viewport di autocad.

Viewport Autocad adalah Area yang digunakan untuk menampilkan bidang kerja sehingga anda dapat melakukan kegiatan menggambar (modeling) dengan berbagai sudut pandang, viewport ini memiliki luas, sudut pandang dan bentuk area yang sudah di tentukan sebelumnya. Jika anda menggambar objek yang hanya memerlukan satu pandangan misalnya ketika anda membuat denah rumah 2 dimensi, maka anda cukup menggunakan satu viewport saja. Tapi jika anda sedang membuat objek yang memerlukan beberapa pandangan agar mempermudah proses gambar, misalnya jika anda membuat modeling 3 dmensi yang memerlukan tampak samping, tampak atas, tampak depan dan tampak belakang, maka anda dianjurkan untuk menggunakan viewport lebih dari satu..

Di Autocad, ada 2 jenis lembar kerja yaitu lembar kerja Model dan lembar kerja Layout. Dari kedua lembar kerja tersebut, memiliki tampilan dan definisi viewport yang berbeda. Berikut adalah penjelasannya :

Viewport pada model

Pada lembar kerja model, default viewport pada saat autocad anda buka berjumlah satu, berbeda dengan 3Ds Max yang defaultnya berjumlah 3 viewport. Anda dapat merubah jumlah dan bentuk viewport sesuai dengan yang anda ingginkan agar mempermudah dalam melakukan proses gambar.

Ada beberapa pilihan jumlah viewport mulai dari single (default) sampai sebanyak yang anda butuhkan. Selain pemilihan jumlah viewport, ada juga pilihan pengaturan seperti susunan viewport dan jenis style  dari viewport tersebut. Pada gambar di bawah ini adalah beberapa pilihan susunan viewport di Model :


beberapa susunan Viewport pada model
Viewport Model Autocad


Viewport pada Layout

Selanjutnya adalah viewport pada layout. Viewport ini digunakan untuk memunculkan viewport yang berasal dari viewport model, jadi dengan menggunakan viewport ini maka anda dapat memunculkan objek yang berada pada model. 


beberapa susunan Viewport pada layout
Viewport Layout

Letak perbedaan antara viewport Model dan viewport Layout adalah:

  1. Jika pada Model seluruh lembar kerja layout itu adalah viewport sedangkan jika pada layout viewportnya itu merupakan bagian kecil dari layout tersebut.
  2. Pada Lembar kerja Model kita hanya bisa membuat viewoport maksimal 4 sedangkan, anda dapat membuat lebih banyak viewport 
  3. Jika anda memunculkan objek dari banyak viewport maka anda dapat mencetak/ploting objek tersebut seluruhnya, sedangkan jika pada Model, viewport hanya untuk melihat objek dari beberapa viewport saja jadi jika anda mencetak anda hanya mencetak dari salahsatu viewport yang dipilih.
Itulah penjelasang singkat mengenai pengertian viewport di autocad, perbedaan viewport Model dan viewport Layout. Apabila Anda inggin mengoreksi atau menambahkan materi yang saya sampaikan diatas, silahkan anda tuliskan pada kolom komentar dibawah. Terimakasih :)