Latest News

FENOMENA MASTAH PERNAH NEWBIE

Mastah Pernah Newbie - mungkin dari anda sering mendengar atau bahkan anda sudah sangat paham dengan istilah tersebut, memang itu adalah sebuah fakta yang tidak bisa dirubah karena anda tidaklah bisa melakukan semua hal tanpa melalui fase pemula atau pengenalan terlebih dahulu dan anda tidak bisa langsung secara instan menjadi seorang mastah tanpa melalui proses yang panjang  seperti halnya dengan anda yang ketika dilahirkan kita ttidak memiliki kemampuan apa-apa dan lambat laun kita mulai berkembang menjadi pribadi dewasa yang sudah bisa melakukan semua hal.

Sebelum saya berbicara panjang lebar saya akan menjelaskan pada anda pengertian newbie dan mastah, karena mungkin sebagian dari anda masih ada yang belum mengenal kedua istilah tersebut tapi jika anda seorang yang sering berada di dunia maya maka anda pasti sudah tidak asing dengan kedua istilah tersebut 

MASTAH PERNAH NEWBIE

Newbie adalah istilah yang diambil dari bahasa asing (inggris) yang berarti pemula, jadi istilah ini digunakan untuk orang yang masih belum mahir atau baru dalam mendalami suatu kegiatan sedangkan untuk Mastah adalah kebalikan dari newbie, istilah ini berasal dari kata asing juga (inggris) yaitu master yang artinya menguasai, jadi istilah mastah digunakan untuk menyebutkan orang yang sudah ahli dan paham dengan bidang yang ia pelajari.

Untuk menjadi seorang mastah anda haruslah menjalani banyak proses yang tidak bisa dibilang gampang terlebih jika anda merupakan seorang newbie yang belajar secara otodidak, namun anda janganlah berkecil hati karena jika anda menjalani bidang yang anda miliki secara sungguh-sungguh maka sesulit apapun proses yang harus kamu tempuh akan bisa dilewati dengan mudah.

Dan dibawah ini adalah beberapa hal yang harus anda persiapkan dan ditanam pada diri anda agar anda bisa merubah anda yang tadinya newbie menjadi seorang profesional di bidangnya :

Kembangkan keahlian

Untuk menjadi seorang yang profesional diperlukan proses pembelajaran dan pengembangan yang dilakukan secara konstan terus menerus, dengan tujuan kita semakin terbiasa untuk terus memahami bidang yang anda tekuni. Lakukan pengembangan keahlian anda secara tekun dan pantang menyerah serta lakukan dengan niat yang tertuju pada satu titik fokus yaitu menjadi profesional untuk sukses.

Terus kembangkan keahlian anda bukan hanya pada pendidikan formal saja tapi belajar juga pada lingkungan anda yang berhubungan dengn bidang yang anda geluti misalnya jika anda inggin menekuni bidang autocad anda bisa  melihat dan bertanya pada teman disekitar anda sehingga anda akan mendapatkan ilmu yang mungkin belum anda dapatkan.

Tingkatkan kemampuan bersosialisasi dan komunikasi

Kemampuan kita berkomunikasi dalam bersosialisasi merupakan faktor utama yang harus anda kuasai jika anda inggin menjadi seorang yang profesional dibidangnya. Karena semua profesional ketika masih menjadi seorang pemula mereka selalu berinterkasi dengan tujuan mendapatkan ilmu yang ia butuhkan. Makanya tidak heran sejumlah studi ilmiah menyimpulkan 85% kunci sukses ditentukan bukan dari keahlian/keterampilan teknis melainkan kemahiran dalam menjalin hubungan baik dengan orang lain. 

Bila anda ingin menjadi seorang yang profesional dalam hidup ini, apapun tujuan dan bidang yang anda pilih, anda harus belajar berinteraksi yang baik dengan orang banyak dari berbagai kalangan khususnya dengan orang yang satu bidang dengan anda. Karena masyarakat mungkin masih bisa menerima orang yang tidak punya keahlian khusus tapi mereka sulit menerima orang yang tidak bisa berhubungan baik dengan orang lain.

Seberapa jauh dan dalamnya suatu hubungan dapat terjalin ditentukan oleh komunikasi. study ilmiah menyebutkan bahwa 90% penyebab hancurnya suatu hubungan pernikahan, pertemanan, organisasi, bisnis, diakibatkan komunikasi yang salah. Komunikasi yang baik harus bersifat dua arah. Seorang komunikator yang handal adalah seorang pendengar yang baik. Seorang yang profesional harus mampu mengkomunikasikan suatu hal dengan jelas dan tepat pada sasaran.

Berikan Hasil yang terbaik

Seorang profesional sejati akan selalu berusaha menghasilkan karya yang berkualitas tinggi dan kinerja yang maksimal dan untuk menjadi profesional kita harus terus mencoba memberikan dan mengerjakan lebih dari apa yang diharapkan. Waktu kita lakukan suatu kegiatan, project, kerjaan, tugas hasilkan yang terbaik. Jangan puas dengan rata-rata kejar hasil yang excellent. Lakukan yang terbaik hari ini untuk bayaran hari esok. Selalu tanamkan pada pikiran anda bahwa apa yang dapat saya lakukan untuk add value bukan apa yang saya bisa peroleh.

Menjaga penampilan dan attitude yang baik

Untuk menjadi seorang yang profesional sejati kita harus memiliki nilai moral yang tinggi. Hal ini yang akan membedakan setiap kinerja, usaha, karya dan kegiatan yang kita lakukan dengan orang lain. Sementara orang lain kompromi, menggunakan cara-cara yang tidak etis untuk mencapai tujuannya kita tetap berpegang pada prinsip yang benar. Diluar sana ada begitu banyak cara-cara pintas dan penyimpangan yang terjadi, oleh karena itu kita harus mampu mempertahankan sikap profesionalisme. Perlahan-lahan masyarakat akan menyadari bahwa anda berbeda dengan yang lainnya.

Menjaga penampilan juga merupakan point yang harus dimilik bagi mereka yang inggin menjadi profesional karena orang akan menilai kita dari pandangan pertama yang ia dapatkan apakah mereka bisa menerima kita atau tidak. Sama halnya kalau kita mau beli barang lihat kemasannya dulu, mau nonton film lihat preview dulu, mau masuk toko lihat dekorasi interior yang paling menarik. Penampilan menarik tidak harus mahal, anda hanya perlu kreatifitas dalam menata penampilan diri anda. 

Jika anda melakukan apa yang saya sebutkan diatas saya yakin pintu keberhasilan akan terbuka lebar dan impian anda menjadi seorang profesional akan terwujud dengan sendirinya, percayalah bahwa ketekunan yang dibarengi dengan niat yang baik maka akan menghasilkan sesuatu yang baik pula pokoknya selalu semangat pantang menyerah dan berikan yang terbaik

Bila anda inggin menjadi seorang user autocad yang profesional bersertifikasi expert maka anda harus menekuni autocad mulai dari dasar-dasarnya dulu dan mengenal autocad dari akarnya lalu bertahap naik ketingkatan selanjutnya, jika anda inggin menekuni bidang autocad alangkah baiknya jika anda follow kampus sketchboy karena disini akan dibagikan semua pengetahuan autocad mulai dari dasar seperti pengenalan tentang command, sistem variabel dan lain sebagainya serta di kampus sketchboy juga membahas mengenai masalah yang sering dijumpai oleh pengguna autocad beserta solusinya.
Share on FacebookTweet on Twitter