Wednesday, 23 December 2015

MEMPERTIMBANGKAN JENIS PONDASI BANGUNAN YANG TEPAT

Pondasi Bangunan - Didalam kita membuat sebuah bangunan, banyak hal yang harus diperhatikan secara matang dengan mempertimbangkan kondisi lingkungan tempat bangunan dan juga jumlah dana yang tersedia.

Dalam menentukan jenis pondasi yang tepat untuk bangunan, ada beberapa hal yang harus anda pertimbangkan agar anda tidak keliru dalam memilih pondasi. Bersumber dari buku "Desain pondasi tahan gempa' karya Anugrah Pamungkas & Erny Harianti, berikut ulasan mengenai pertimbangan pemilihan jenis pondasi bangunan : 

Keadaan tanah yang akan dipasang pondasi

Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah kondisi tanah yang akan anda pasangi pondasi, karena setiap jenis texture tanah memiliki jenis pondasi yang berbeda pula. Berikut adalah penjelasan mengenai pemilihan jenis pondasi disesuaikan dengan letak tanah keras :
  • Bila tanah keras terletak pada permukaan tanah, atau 2-3 meter di bawah permukaan tanah, maka pondasi yang dipilih sebaiknya jenis pondasi dangkal (pondasi jalur atau pondasi tapak) dan pondasi strauss.
MEMPERTIMBANGKAN JENIS PONDASI BANGUNAN YANG TEPAT
  • Bila tanah keras terletak pada kedalaman hingga 10 meter di bawah permukaan tanah maka jenis pondasi yang biasanya dipakai adalah pondasi tiang minipile atau pondasi tiang apung untuk memperbaiki tanah pondasi.
  • Bila tanah keras terletak pada kedalaman hingga 20 meter dibawah permukaan tanah, maka jenis pondasi yang biasanya dipakai adalah pondasi tiang pancang atau pondasi bor bilamanatidak boleh terjadi penurunan. Bila terdapat batu besar pada lapisan tanah, pemakaian kalson akan lebih baik sangat menguntungkan. 
  • Bila tanah keras terletak pada kedalaman hingga 30 meter di bawah permukaan tanah, maka jenis pondasi yang dipakai adalah pondasi kalson terbuka tiang baja atau tiang yang dicor ditempat.
  • Bila tanah keras terletak pada kedalaman hingga 40 meter dari permukaan tanah, maka jenis pondasi yang digunakan adalah tiang baja dan tiang beton yang dicor di tempat. 

Waktu pekerjaan

Waktu pelaksanaan pengerjaan bangunan pondasi juga harus diperhatikan dalam memilih jenis pondasi agar tidak menggangu kepentingan umum, misalnya jika anda menggunakan pondasi tiang pancang yang membutuhkan alat berat mungkin harus dipertimbangkan kembali karena apabila dilaksanakan pada jalan raya dalam kota yang padat maka dapat menimbulkan kemacetan yang luar biasa.

Biaya  

Pemilihan jenis pondasi juga harus dipertimbangkan dengan besar anggaran biaya konstruksi yang ada, akan tetapi anda tetap harus mengutamakan kekuatan pondasi yang aman bagi kesehatan bangunan anda. Analisi kondisi tanah yang tepat juga bisa menekan biaya konstruksi, misalnya jika anda akan membuat pondasi di area yang memilik kondisi tanah bagus dan cukup kuat bila menggunakan pondasi telapak saja, maka anda tidak perlu membuat pondasi tiang atau pondasi tiang pancang precast yang membutuhkan biaya yang tinggi dalam pelaksanaanya.

Demikian penjelasan mengenai tips dalam mempertimbangkan pemilihan pondasi yang cocok untuk bangunan disesuaikan dengan kondisi lingkungan yang akan dipasang pondasi, semoga bisa menambah pengetahuan anda mengenai konstruksi bangunan.