SOLUSI MENGATUR TATA LETAK RUANG PADA RUMAH SEMPIT

Solusi Rumah Sempit - Seperti yang sudah kita ketahui bahwa, semakin banyaknya kebutuhan akan perumahan untuk tempat tinggal maka hal itu akan berbanding lurus dengan harga yang terus meningkat dari tahun ketahun dan tidak heran jika sekarang harga tanah sangatlah mahal terlebih tanah yang berada di daerah perkotaan. Bagi masyarakat menengah ke bawah yang hanya memiliki budget pas-pasan tentunya hanya mampu membeli rumah yang memiliki luas terbilang sangat kecil, pada umumnya mereka hanya memiliki rumah yang luasnya kurang dari 100 m2.

Pada postingan kali ini, saya akan memberikan sedikit tips mengenai cara menyiasatiruang sempit dengan menggabungkan fungsi ruang, memanfaatkan celah-celah yang semula tidak berfungsi, mengatur dan merencanakan perabotan serta memberi kesan tertentu pada satu orang.

Bersumber dari buku "Menyiasati Ruang Sempit" karya Agung Budi Srdjono. Berikut adalah beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk menyiasati rumah sempit agar ruang terpakai secara optimal sehingga solusi untuk tata ruang yang simple namun dapat menampung bermacam-macam kegiatan yang berlangsung di rumah dengan kualitas yang tetap terjaga.

Teras sebagai ruang tamu

Rumah type kecil biasanya memiliki ruang tamu yang menjadi satu dengan ruang makan dan ruang keluarga. Hal tersebut akan sangat merepotkan jika ketiga aktifitas tersebut berlangsung bersamaan, apalagi jika anda sedang asyik menonton televisi dan juga disitu ada tamu yang sedang berkunjung. Untuk mengatasi masalah tersebut, ada solusi yang paling tepat digunakan yaitu dengan pemberian penyekat antar ruang dengan tinggi sekat cukup sebatas dapat menghalangi pandangan mata saja, hal itu bertujuan agar kedua ruang yang dibatasi penyekat masih terlihat menyatu sehingga akan memberi kesan luas.

Selain menggunakan penyekat, ada juga cara yang bisa anda gunakan yaitu dengan menggeser ruang tamu ke teras. Denagn cara ini anda sebaiknya melakukan sedikit penyesuaian agar suasana bertamu di teras tersebut dapat lebih nyaman, kesan luar perlu dikurangi tapi jangan dibuat terlalu tertutup. Berikut adalah contoh desain teras yang dijadikan ruang tamu :
Teras sebagai ruang tamu 

Pada gambar diatas adalah contoh bentuk pemanfaatan teras sebagai ruang tamu, yang tadinya luas teras berukuran kecil yaitu 1,5 x 3 m, dengan adanya perubahan fungsi teras maka lebar di perluas menjadi 3 x 3 m dan atap di bentuk dengan meneruskan kemiringan atap rumah. Dinding pagar bagian bawah setinggi 1m dibuat lebih massif untuk menutup pandangan, sementara bagian atas lebih transparan dengan kusen dan tralis kaca.

Mensiasati keberadaan dapur

Dapur merupakan komonen rumah yang memeiliki peran penting untuk menunjang aktifitas didalam rumah, akan tetapi keberadaan dari dapur terkadang sering diabaikan padahal kalau penataan letak dapur dilakukan dengan baik maka kita dapat menyiapkan makanan dalam suasana yang menyenangkan. Untuk pemilihan lokasi sebaiknya memilih tempat yang tersuplay sinar matahari yang cukup sehingga pencahayaan bukan hanya berasal dari pencahayaan buatan (lampu) melainkan juga berasal dari pencahayaan alami.

Selain pencahayaan alami, dapur juga haruslah memiliki sirkulasi udara yang baik. hal ini bertujuan untuk menghindari ruangan tersebut dari kungkungan asap, mencegah lembab, dan menghindari resiko terjadinya ledakan jika anda menggunakan kompor gas. Pemandangan ke arah taman akan memberikan suasana yang lebih menyenangkanpada saat memasak. Kerapihan dalam peletakan peralatan memasak dan bahan mentah juga sangat menunjang kualitas dari dapur anda.

Dapur sebagai tempat kegiatan memasak sangat berkaitan erat dengan kegiatan makan. Oleh karena itu, untuk mengoptimalkan ruang tidak ada salahnya jika anda menjadikan ruang makan menjadi satu ruangan dengan dapur, Hal ini bisa membuat kegiatan memasak dan makan bisa menjadi kegiatan yang amat menyenangkan dan menciptakan suasana harmonis. Sembari ibu memasak, ayah dan anak dapat menunggu di dekatnya sambil berbincang-bincang. Begitu masakan jadi, dapat disantap ditempat itu juga. Demikian juga ketika selesai makan, peralatan makan yang habis dipakai bisa langsung dibersihkan dan dapur menjadi rapih kembali.

Ruang bawah tangga

Point utama dalam mensiasati rumah sempit adalah bagaimana kepandaian anda dalam memanfaatkan ruang kosong yang ada menjadi sebuah ruang yang bisa anda gunakan untuk keperluan di dalam rumah secara efisien namun tetap tidak meninggalkan aspek keindahan dan kenyamanan, seperti halnya pemanfaatan ruang kosong yang ada di bawah tangga. Karena bentuk tangga yang miring ke atas, bagian bawah akan menjadi ruang dengan ketinggian terbatas. Pada kondisi biasa, ruang bawah tangga lebih sring digunakan sebagai ruang penyimpanan barang, terlepas dari itu anda dapat menggunakan ruang dibawah tangga menjadi toilet, ruang baca, tempat bersantai atau bisa juga dijadikan kamar tidur, tergantung luas area tangga tersebut.

Demikian mengenai solusi dalam mengatur tata letak pada ruang sempit, mudah-mudahan bisa dijadikan referensi bagi anda yang lebih senang memiliki rumah kecil tapi memiliki nilai guna yang tinggi.