Latest News

PENGERTIAN SISTEM VARIABEL DI AUTOCAD

Baca Juga



Tentang sistem variabel Autocad - Jika anda pembaca setia kampus sketchboy pasti anda sering mendengar istilah sistem variabel autocad dan mungkin dari anda belum mengetahui apa sih sistem variabel itu?.  Bagi anda yang belum mengetahui mengenai siste variabel, dipostingan kali ini saya akan sekilas membahas mengenai sistem variabel di autocad.

Sistem variabel Autocad adalah variabel yang digunakan untuk mngontrol setiap perilaku autocad anda seperti pengaturan yang anda simpan. Layer yang sedang digunakan, lineweight dan sebagainya. dengan menggunakan sistem variabel ini andadapat  merubah settingan dari autocad menjadi sesuai dengan keingginan anda. Sebenarnya sistem variabel ini sama halnya dengan perintah / command di autocad, letak perbedaannya cuma pada fungsinya yaitu jika perintah digunakan untuk melakukan tindakan sedangkan sistem variabel ini digunakan untuk menetapkan settingan yang anda pilih menjadi default.

Misalnya ketika anda menggunakan sweep untuk membuat objek solid 3D dari sebuah path dan profil objek 2D maka secara default objek path dan profil akan tetap ada ketika digunakan dan jika anda mengingginkan objek path serta profil yang diguanakan tersebut akan menghilang setelah digunakan maka anda dapat menggunakan sistem variabel Delobj untuk menjadikan path dan profil terhapus, Jadi ketika anda mengubah default sistem variabel delobj tersebut ketika anda menutup autocad lalu membuka kembali maka ketika anda menggunakan sweep objek profil dan path akan otomatis terhapus.

Dari yang saya contohkan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa menggunakan sistem variabel lebih efisien ketimbang menggunakan perintah karena jika menggunakan perintah hanya dapat digunakan sekali sedangkan jika menggunakan sistem variabel maka anda tidak perlu melakukan penyettingan berulang kali walau autocad anda restart.

Berikut adalah contoh sistem variabel autocad beserta fungsinya :
  1. Gridmode digunakan untuk menentukan apakah grid akan diaktifkan atau dimatikan
  2. Olehide digunakan untuk mengatur tampilan ole di autocad
  3. Platform digunakan untuk melihat platform autocad yang sedang digunakan
  4. Pickfirst digunakan untuk menentukan apakah memilih sebelum atau setelah anda mengeluarkan perintah

Mengetahui Status Sistem variabel

Sistem variabel autocad dibagi menjadi 2 jenis, yang pertama sistem variabel yang dapat dirubah dan sistem variabel yang tidak dapat dirubah ( read only ) ada banyak cara untuk mengetahui jenis dari sistem variabel, anda dapat menggunakan perintah Setvar berikut cara menggunakan perintah Setvar :

  • Ketikkan pada command, Setvar lalu tekan enter
  • Selanjutnya silahkan anda ketikkan nama sistem variabel yang akan anda lihat statusnya
  • misalnya ketikkan Acadver lalu tekan enter
  • maka akan muncul nilai default autocad tersebut dan jika ada tulisan ( read only ) maka itu menunjukan bahwa sistem variabel tersebut tidak dapat di ubah dan sebaliknya

Selain menggunakn perintah setvar anda dapat menggunakan cara berikutnya yaitu dengan menggunakan sistem variabel editor atau menggunakan perintah Sysvdlg, berikut cara mengetahu status sistem variabel menggunakan Sysvdlg :
  • Ketikkan pada command, Sysvdlg lalu tekan enter
  • Setelah itu akan muncul kotak sistem variabel editor
System Variable Editor
Sistem variabel editor
    • Bila pada New value bertuliskan Read Only maka sistem variabel tersebut tidak bisa dirubah, tapi jika ada nilai valuenya maka anda bisa merubahnya
    • Untuk yang bukan read only, silahkan anda rubah sesuai dengan yang anda ingginkan
    • untuk menyimpan klik Save all lalu klik Ok
    Demikian penjelasan singkat mengenai sistem variabel di autocad semoga anda sudah memahami mengenai pengertian sistem variabel autocad
    Share on FacebookTweet on Twitter