KAMPUS SKETCHBOY

    FUNGSI REGEN DAN VIEWRESS DI AUTOCAD

    BILA OBJEK LENGKUNG BERBENTUK TIDAK BERATURAN ATAU BERBENTUK SEGI BANYAK, CARA MENGHALUSKAN LINGKARAN 2D DAN 3D DI ATOCAD, MENGGUNAKAN PERINTAH REGEN, MENGGUNAKAN SISTEM VARIABEL VIEWRES

    Hallo sobat kampus,
    Saat anda menggunakan autocad pasti sering menjumpai dua hal yang akan saya sebutkan berikut ini:
    1. Lingkaran atau arc yang sudah anda buat bentuknya tidak seperti biasanya yaitu berbentuk segi banyak padahal pada saat dibuat bentuknya masih nomal dan ketika anda mencetak gambar tersebut bentuk lingkarannya bentuknya normal.
    2. Saat anda membuat gambar besar dan banyak perintah zoom tidak bisa digunakan maksimal, saat zoom in maupun zoom out hanya dapat dilakukan beberapa kali perbesaran saja jadi anda tidak bisa melihat gambar secara maksimal.
    Bila anda menjumpai hal seperti diatas itu terjadi karena autocad memiliki batas minimal dan maksimal untuk menampilkan objek sesuai dengan semestinya dan jika gambar kita melebihi batas tersebut maka objek akan terlihat tidak utuh atau tidak berwujud sebagaimana mestinya dan bila itu terjadi maka autocad memerlukan pembaharuan terhadap view.

    Samahalnya kita memperbesar sebuah image yang beresolusi kecil lalu kita memperbesar gambar itu melebihi batas persentasi resolusi maka yang terjadi gambar akan pecah-pecah dan tidak berwujud sebagaimana harusnya. 
    Adapun cara untuk menormalisasi dan menghaluskan lingkaran kita bisa menggunakan perintah Regen.

    REGEN
    Yaitu perintah yang diperuntukkan untuk meregenerasi atau menormalkan view yang tidak utuh setelah melakukan Zoom maupun tindakan lainnya yang melebihi batas view.

    Fungsi REGEN di autocad
    Fungsi REGEN di autocad
    cara menggunakan regen :
    • ketikkan pada command: REGEN lalu enter
    maka objek yang tidak normal akan kembali kebentuk semula denagn sendirinya.

    VIEWRES
    Selanjutnya anda mengenal perintah regen dan cara penggunaannya selanjutnya saya akan menjelaskan mengenai sebuah command yang berhubungan dengan command regen diatas, command yang saya maksud adalah command Viewres. 


    Fungsi VIEWRES di autocad
    Fungsi VIEWRES di autocad 

    Viewres adalah perintah yang dapat anda gunakan untuk mengontrol penampilan lingkaran, arch, spline dan polyline yang berbentuk lengkung baik itu berbentuk objek 2D maupun 3D menggunakan vector, semakin besar  jumlah vector maka hasil lingkaran atau busur akan semakin halus, jadi jika vector sedikit ketika anda membuat lingkaran maka tidak akan tempak lingkaran melainkan sebuah objek polygon. 

    selain fungsi diatas, viewres juga digunakan untuk menentukan jumlah persentase besaran zoom , semakin besar persentas izoom maka perbesaran objek akan lebih besar dan  begitupun sebaliknya.
    Cara menggunakan viewres :
    • Ketikkan di  command: Viewres lalu tekan enter
    • Lalu akan muncul pilihan Yes/No, silahkan anda pilih Yes
    • Masukkan nilai viewres, minimal 1 dan maksimal 20000 dan 15000 ( default 0.
    • Semakin besar nilai viewres maka semakin halus hasil yang ditampilkan dan begitupun sebaliknya ( Saya sarankan gunakan nilai default karena semakin besar nilai viewres maka autocad akan memerlukan lebih banyak waktu untuk meregenerasi objek )
    Demikian penjelasan mengenai fungsi regen dan viewres di autocad, kedua perintah tersebut saling berkaitan dan perlu diingat bahwa sebaiknya nilai viewres tidak diubah dari defaultnya.
      Bagikan :
      Tweet
      +
      Previous
      Next Post »
      Comments
      0 Comments
      0 Komentar untuk "FUNGSI REGEN DAN VIEWRESS DI AUTOCAD"

      Kritik dan Saran Anda Sangat Saya Perlukan Untuk Meningkatkan Kualitas Blog Ini

       
      Copyright © 2015 KAMPUS SKETCHBOY - All Rights Reserved
      Template By Kunci Dunia
      Back To Top