Latest News

ARIAL NARROW TIDAK MUNCUL DI PDF ADOBE READER

Baca Juga



Hallo sobat Kampus kali ini saya akan membahas mengenai Adobe Reader, kalian tentunya tau mengenai aplikasi tersebut. Adobe Reader adalah program utilitas yang berguna untuk membantu pengguna komputer dalam membaca dan mencetak dokumen berformat pdf (PDF Reader). 

Untuk memperjelas pembahasan mengenai adobe reader dan arial narrow ini saya akan sedikit bercerita tentang hal yang pernah saya alami yang berhubungan dengan kedua hal tersebut. Suatu hari saya membuat beberapa gambar denah rumah menggunakan Autocad, namanya sebuah gambar pasti tidak bisa lepas dari yang namanya text dan saat itu saya menggunakan jenis text Arial Narrow. 

Seperti sudah menjadi kebiasaan ketika saya inggin mencetak atau mengeprint gambar pasti saya Convert dulu ke Pdf lalu saya simpan di flashdisk, saya rubah ke pdf agar saat saya mencetak di Warnet tidak harus ribet-ribet membuka autocad. Singkat cerita, saya pergi warnet dan sesampainya disana saya langsung membuka file yang berada di flashdisk tadi, ketika saya buka pdfnya (warnet tersebut menggunakan Adobe reader) tiba-tiba keluar sebuah peringatan seperti pada gambar dibawah ini : 


Adobe reader alert
Adobe reader alert
Adobe Reader: "Tidak dapat menemukan atau membuat huruf [Arial Narrow]Beberapa karakter mungkin tidak menampilkan atau cetak dengan benar.."

Setelah notifikasi saya OK, terus saya cek gambar saya dan ternyata semua text yang sudah saya buat tidak muncul atau hilang dan berubah menjadi titik-titik hitam. 

Setelah saya melihat kejanggalan tersebut saya tidak jadi mencetak gambar saya dan saya langsung pulang kerumah. Solusi Bila anda mengelami kejadian seperti yang sudah saya ceritakan diatas, anda tidak perlu repot repot merubah satu-persatu text pada gambar yang sudah anda buat. karena anda bisa melakukan beberapa cara untuk mengetasi atau memunculkan text yang tidak muncul di adobe reader. 

Berikut 3 cara yang harus kamu lakukan jika kamu mengalami hal tersebut : 

Solusi 1 : Instal Versi terbaru dari Microsoft 

  • Tutup semua aplikasi adobe yang sedang berjalan. 
  • Pergi ke http://support.microsoft.com/kb/956514 
  • Cari semua adobefnt*LST di Sistem anda lalu hapus file tersebut ; Misalnya adobefnt02.lst 
  • Lalu restart Aplikasi anda. 

Solusi 2 : Replace Arial Narrow 

  • Tutup semua aplikasi adobe yang sedang berjalan. 
  • Cari file font arial narrow seperti ARIALN.TTF , ARIALNB.TTF , ARIALNBI.TTF , ARIALNI.TTF di C :\ windows \ fonts 
  • Buka file font tersebut lalu lihat nomer versi dari fonts tersebut 
  •  Jika versi font lebih besar sama dengan 2.35, maka silahkan anda ganti dengan fonts dengan versi dibawah 2.35 

Solusi 3 : Ganti PDF Reader 

  • Cara yang terakhir ini adalah solusi yang saya terapkan untuk mengatasi masalah dengan Adobe pdf reader, yaitu dengan mengganti adobe reader dengan aplikasi pembaca pdf lain. 
  •  Yang saya pakai adalah Nitro Pdf Reader, pdf reader tersebut sangat bisa saya andalkan selain untuk menampikan file pdf juga bisa digunakan untuk mengedit dan men-convert file pdf. 
  • Pokoknya nitro pdf sangat rekomended untuk anda gunakan. 
Demikian pemaparan mengenai pengalaman saya dalam menggunakan adobe pdf reader , saya yakin anda juga akan mengalami hal serupa jika anda menggunakan Adobe reader untuk membaca pdf yang menggunakan text jenis arial narrow.
Share on FacebookTweet on Twitter