Tuesday, 8 September 2015

Hallo sbat kampus - Kali ini kita akan belajar autocad dan saya akan membahas sebuah perintah diautocad yang jelas tidak asing lagi ditelinga anda, perintah yang akan saya bahas adalah Offset, dari anda pasti sudah banyak yang sudah mengenal dengan perintah ini tapi saya akan membahasnya lagi dan saya akan membahas sedikit tambahan mengenai beberapa settingan dalam offset yang jarang atau bahkan mungkin belum anda ketahui sebelumnya.
Mari kita kupas satu-persatu, Offset adalah sebuah perintah atau tool yang digunakan untuk membuat objek yang menyerupai dan sejajar dengan objek sumber dengan memiliki jarak yang sudah anda tentukan sebelumnya.

Konsep kerja perintah ini sama halnya dengan anda menggunakan perintah Move amaupun perintah Copy disesuaikan dengan pengaturan yang anda ingginkan, adapan dalam cara penerapannya Offset ini memilik 2 cara yang bisa anda gunakan cara yang pertama yaitu dengan memasukkan jarak atau secara manual. Berikut penjelasan mengenai cara penggunaan Offset yang bisa anda lakukan :

Offset Distance

Cara pertama yaitu dengan memasukkan terlebih dahulu jarak antara objek asal dengan objek hasil offset, cari ini merupakan cara yang paling umum digunakan dalam autocad.
  • Buatlah sebuah kotak meggunakan perintah rectangle
  • Jika sudah dibuat, Selanjutnya etikkan Offset lalu tekan enter
  • Setelah itu anda akan disuruh memasukkan distance of offset, silahkan anda ketikkan nilai jarak misalnya 5 lalu tekan enter
  • Kemudian klik objek asal dalam hal ini kita klik kotak yang sudah kita buat
  • Lalu klikkan ke arah dimana objek duplikat akan kita buat, klik diluar kotak jika anda inggin membuat kotak yang lebih besar dengan jarak yang sudah anda tentukan tadi atau jika anda inggin membuat kotak yang lebih kecil silahkan anda klik di area dalam kotak

    Through

    Cara selanjutnya yaitu Througe, cara ini digunakan jika anda akan membuat duplikat objek tanpa menentukan jarak offset trerlebih dahulu, dengan kata lain anda dapat memuat objek dengan jarak yang berbeda-beda.
    • Buatlah sebuah garis menggunakan perintah line
    • Selanjutnya ketikkan Offset lalu tekan enter
    • Setelah itu anda ketik Through lalu enter
    • Berikutnya klik Objek yang asal, dalam contoh ini kita klik garis yang sudah anda buat tadi
    • Klikkan ke area yang anda ingginkan ( sembarang ), 
    • Maka objek akan terbentuk di area yang anda klik
    Itulah dua metode penerapan penggunaan Offset, berikutnya saya akan jelaskan mengenai pengaturan untuk mengoptimalkan penggunaan offset di autocad yaitu Erase dan Layer di Offset dan tambahan mengenai pengaturan type dai Gap offset dengan menggunakan sistem variabel Offsetgaptype

    Erase

    Erase pada offset digunakan untuk menentukan apakah objek asal / sumber akan dihapus setelah Offset dilakukan atau tidak.
    • Ketikkan Offset lalu tekan entr
    • Selanjutnya Ketikkan Erase lalu entr
    • Setelah itu akan muncul kota pilihan On / Off
    Pilih Off jika anda menginginkan Objek asal Offset tidak dihapus
    Pilih On jika anda akan menghapus objek sumber setelah anda Offset.

    Layer

    Settingan selanjutnya yaitu settingan yang berhubungan dengan layer objek offset dimana settinganan ini digunakan untuk menentukan apakah objek hasil offset mengikuti layer yang sama dengan objek asal (source) atau mengikuti layer yang sedang aktif (Current).
    • Ketikkan Offset kemudian anda tekan enter
    • Berikutnya ketikkan Layer lalu enter
    • Setelah itu akan muncul kotak piihan Current / Source
    Pilih Source ( default ) jika anda menginginkan jenis layer objek offset mengikuti layer objek asal, sedangkan jika anda mengingginkan jenis layer objek offset mengikuti Layer yang sedang aktif pilih Current

    Sistem variabel Offsetgaptype

    Saat anda mengaktifkan perintah offset maka anda akan melihat sebuah nama sistem variabel di command lines anda, sistem variabel tersebut adalah offsetgaptype sistem variabel ini digunakan untuk menentukan bentuk dari bentuk celah atau sudutan yang terjadi saat meng-offset polyline yang memiliki dua atau lebih segmen.

    Untuk memperjelas gambaran mengenai fungsi variabel tersebut, silahkan anda perhatikan gambar berikut ini



    Keterangan pada gambar :
    Polyline siku berwarna kuning adalah objek sumber.
    0. Jika sistem variabel ini bernilai 0, maka Gap akan diisi denagn memperpanjang garis segmen polyline secara lancip
    1. Jika sistem variabel ini bernilai 1, maka gap akan diisi dengan busur fillet yang memiliki nilai radius sebesar jarak offset
    2. Jika sistem variabel ini bernilai 2, maka gap akan diisi dengan garis chamfer yang jarak garis tengahnya terhadap objek sumber sebesar jarak offset.

    Cara merubah nilai value sistem variabel Offsetgaptype :
    • Ketikkan Offsetgaptype lalu enter
    • Kemudian masukkan nilai value sistem variabel tersebut, pilih 0, 1 atau 2
    Demikian penjelasan mengenai Offset mulai dari pengertian offset, cara penggunaannya serta bebrapa settingan yang bisa anda gunakan untuk mengoptimalkan penggunaan perintah offset ini yang bertujuan untuk mempermudah pekerjaan anda.