Friday, 7 August 2015

Sukai Halaman Untuk Mendapat Update Artikel Terbaru

CARA MENGGUNAKAN WINDOW SELECTION DAN CARA MENSETTINGNYA, SISTEM VARIABEL PICKDRAG, SISTEM VARIABEL CROSSINGAREACOLOR, SISTEM VARIABEL WINDOWAREACOLOR

Hai sobat Kampus, masih membahas soal autocad dan kali ini saya akan memaparkan mengenai selection object. Dalam memilih objek, kita bisa melakukan berbagai cara yang bisa anda gunakan, tapi yang paling umum dan sering digunakan adalah memilih menggunakan window, berikut akan saya jelaskan mengenai memilih menggunakan window serta beberapa pengaturan yang bisa anda rubah. 

 Dalam memilih objek menggunakan window, ada 2 jenis window yang harus anda ketahui yaitu window selection dan crossing selection. 

Selection Window 

Yaitu metode untuk memilih objek dengan menggunakan sebuah window , dengan metode ini objek yang terpilih adalah objek yang seutuhnya berada pada window tersebut. 
Cara memilih menggunakan window : 

  • klik kiri pada dua titik, titik pertama disisi kiri sedangkan titik kedua disebelah kanan dan display dari area window ini berwarna biru. 

Selection Crossing 

Yaitu metode untuk memilih objek dengan menggunakan sebuah window , dengan metode ini objek yang terpilih adalah objek yang tersentuh oleh window tersebut, ataupun Cuma tersentuh sedikit.. 
Cara memilih menggunakan Crossing : 

  • Klik kiri pada dua titik, titik pertama disisi kanan sedangkan titik kedua disebelah kiri. Display default dari area crossing selection adalah berwarna hijau.
Itulah penjelasan singkat mengenai 2 jenis window. selanjutnya saya akan menjelaskan sedikit settingan tambahan untuk window selection. Cara merubah warna dari area selection crossing Seperti yang sudah anda ketahui bahwa default warna display window selection adalah biru dan crossing selection adalah. 

Tapi anda bisa merubah warna default tersebut menggunakan sistem variabel Crossingareacolor dan sistem variabel Windowareacolor. 
Berikut urutan cara merubah warna kotak window selection : 

  •  Ketikkan Windowareacolor lalu tekan enter 
  •  Lalu masukan angka 1-225, kemudian enter 
  •  Berikut urutan cara merubah warna kotak Crossing selection : Ketikkan Crossingareacolor lalu tekan enter 
  •  Lalu masukan angka 1-225, kemudian enter 
Menonaktifkan / mengaktifkan klik dan drag saat membuat window selection menggunakan sistem variabel Pickdrag Secara default, cara untuk membuat kotak window kita hanya mengklik 2 kali, tapi kita bisa mengubah agar saat membuat window tersebut kita harus klik lalu drag, begitupun sebaliknya. 

  •  ketikkan Pickdrag lalu enter Kemudian ketikkan angka 1 atau 0, lalu enter. 
  •  Masukkan angka 0 jika inggin mematikan pickdrag/menjadikan default atau masukkan angka1 untuk mengaktifakan pickdrag atau, 
Anda bisa melalui kotak options : 
  •  Ketikkan Options lalu enter Kemudian pada bagian Selection, centang Click and Drag ( untuk mengaktifkan klik dan drag ) 
  •  Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat gambar dibawah ini : 
Options Box
Options Box

Demikian penjelasan mengenai cara memilih objek menggunakan window, anda sebagai pengguna autocad wajib paham dengan window selection ini karena ini adalah salah satu komponen wajib dalam autocad.
Show comments
Hide comments

Berkomentarlah secara bijak karena setiap ketikkanmu mencerminkan kepribadianmu

 

KAMPUS CAD TUTORIAL