Wednesday, July 22, 2015

MENSETTING SCROLLWHEEL MOUSE PADA AUTOCAD

Hallo Sobat Kampus - Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa mouse adalah komponen yang sangat berperan penting saat kita menggunakan komputer maupun laptop, saat kita bermain menggunakan AutoCAD kita sangat memerlukan sebuah mouse untuk memudahkan anda untuk mengoperasikannya secara cepat dan mudah. Sebagai pengguna AutoCAD, kita harus tahu dan mengenal fungsi dari komponen pada Mouse dan beberapa settingan yang bisa anda rubah sesuai dengan yang anda ingginkan, dan saya akan menjelaskan mengenai salah satu komponen pada Mouse yaitu Scroll Wheel.

MENSETTING SCROLLWHEEL MOUSE PADA AUTOCAD
Scroll Wheelr Mouse

Scroll wheel adalah adalah sebuah roda wheel yang berada pada mouse dan letaknya berada ditengah antara tombol kiri dan kanan. Sesuai dengan namanya, wheel ini digunakan untuk menggulir. Pada scroll wheel ini juga terdapat sebuah tombol yang bisa anda klik. Pada autocad, secara default scroll mouse ini memiliki 2 fungsi yang bisa anda gunakan yaitu :

ZOOM

Fungsi pertama yang sering digunakan adalah Zoom. Anda bisa memperbesar maupun merperkecil tampilan gambar pada viewport menggunakan scroll wheel ini. Saat anda menggulirkan Wheel ke arah depan maka akan mengaktifkan Zoom In (untuk membesarkan objek), sedangkan jika anda menggulirkan kearah belakang maka anda akan mengaktifkan zoom out (untuk mngecilkan objek).

Anda bisa menukar fungsi zoom in maupun zoom out tersebut dengan menggunakan sistem variabel Zoomwheel, Berikut penjelasan mengenai cara menggunakan sistem variabel Zoomwheel :

  • Ketikkan Zoomwheel lalu tekan enter
  • Kemudian masukkan angka 0 atau 1 kemudian tekan enter 

0
Memutar wheel kedepan untuk zoom in, memutar kebelakang untuk zoom out
1
Memutar wheel kedepan untuk zoom out, memutar kebelakang untuk zoom in
  

PAN 

Pan adalah sebuah tool yang digunakan unuk memindahkan area gambar, cara menggunakan Pan ini adalah dengan men-Drag (meng-klik dengan menggeser) area gambar menggunakan tombol pada scroolwheel.

Anda juga bisa merubah fungsi dari klik pada scrollwheel menggunakan sistem variabel Mbuttonpan, berikut penjelasan mengenai cara menggunakan sistem variabel Mbuttonpan :

  • Ketikkan Buttonpan kemudian tekan enter
  • Lalu anda disuruh masukkan nilai dari variabel tersebut, silahkan anda masukkan angka 1 atau 2 lalu tekan enter 

0
Memunculkan Snap Override saat anda menekan scrollwheel
1
Mengaktifkan Pan, saat anda hold dan drag tombol scrollwheel
  
 Dua fungsi tersebut diatas adalah fitur yang bisa anda pergunakan untuk membantu anda dalam menggunakan AutoCAD dengan menggunakan Mouse dan dengan memanfaatkan mouse akan sangat mempermudah anda dalam menggambar menggunakan autocad

1 comment:

  1. Muhammad Fariz AzriOctober 18, 2015 at 12:15 PM

    mouse autocad itu seperti apa gan?

    ReplyDelete

Kritik dan Saran Anda Sangat Saya Perlukan Untuk Meningkatkan Kualitas Blog Ini